(Bahasa) Buku: Pemrog. Fungsional untuk Rakyat Jelata dengan Scalaz


Semenjak beberapa bulan lalu, saya menyibukkan diri dengan menerjemahkan buku Functional Programming for Mortals with Scalaz. Sebenarnya, saya tak punya maksud apa-apa dengan penerjemahan buku tersebut. Pertama, saya tak menggunakan Scala di keseharian saya, baik dalam konteks professional maupun personal. Kedua, saya sendiri tak begitu mengenal Scala. Terakhir kali menggunakan Scala secara (agak) "serius" mungkin 3 tahun lalu sebagai edukasi.

Pengalaman selama menerjemahkan buku ini kurang lebih menyenangkan. Saya yang mempunyai latar belakang sedikit Haskell, saya mendapatkan sudut pandang yang tak pernah saya kira dapatkan. Terang saja, saya tak mendapatkan pendidikan formal dalam teori kategori dan teman-temannya. Namun, bukan berarti saya buta akan ReaderT maupun pustaka transformator monad.

Sedangkan untuk proses penerjemahan sendiri, terutama karena saya amatir, hanya dilakukan kalimat per kalimat. Saya takut mengubah konteks dengan melakukan parafrase kalimat tersebut. Lalu untuk akurasi, seberapa yakin saya sendiri dengan akurasi informasi yang saya terjemahkan? Mungkin 95%. Hanya satu atau dua kalimat yang saya tak yakin keakuratannya. Dan kenapa saya tak meminta bantuan? Biar asik saja.

Lalu, bila ingin melihat buku ini, silakan klik link dengan tujuan leanpub - fpmortals-id. Bisa memilih untuk tidak bayar, dan saya sarankan juga tidak bayar karena lebih baik sumbangkan uang tersebut ke yang membutuhkan.



This material is shared under the CC-BY License.